Dr. Bohari : Kerjasama Ujung Tombak Implementasi Program MBKM

Dr. Bohari : Kerjasama Ujung Tombak Implementasi Program MBKM

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan kegiatan Rapat Evaluasi Capaian Kinerja dan Penetapan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) 2022 bertempat di Hotel Novotel Kota Balikpapan. Jumat, (26/11).

Kegiatan ini dihadiri oleh civitas akademika FKIP UNMUL mulai dari Para Dosen, Kepala Jurusan, Sekretaris Jurusan, Koordinator Prorgam Studi, Kepala Laboratorium dan Tenaga Kependidikan di lingkungan FKIP UNMUL.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FKIP, Dr. Sunardi, S.Si., M.Hum melaporkan bahwa kegiatan ini dihadiri 127 peserta, serta tercatat sebagai jumlah kelibatan peserta terbanyak.

"Ini merupakan rekor terbanyak, dari sekian banyak kegiatan di UNMUL ini tidak bisa dipungkiri karena kita adalah fakultas yang besar," ungkapnya

Dalam kesempatan yang sama dirinya juga meminta kepada Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas, Dr. Ir. Bohari Yusuf., M.Si yang diundang dalam acara ini untuk memberikan arahan dan juga pencerahan terkait kebijakan perencanaan secara umum di universitas sehingga civitas FKIP dapat memahami tujuan dari kegiatan ini.

Sementara itu, Prof. Dr. Muh. Amir M, M. Kes, selaku Dekan FKIP menegaskan bahwa, aktivitas akhir tahun tersebut sangat penting dilaksanakan guna mengevaluasi capaian kinerja dikarenakan sempat terhambat akibat pandemi Covid 19 membuat capaian – capaian menjadi tidak sesuai harapan.

“Yang positif tetap kita teruskan, yang negatif itulah yang kita evaluasi penyebabnya apa, faktornya apa dan solusinya seperti apa sehingga harapannya insya allah tahun 2022 kita bisa meminimalkan kemungkingan – kemungkinan yang akan terjadi,” tegas Guru Besar dari FKIP UNMUL itu.

Apresiasi turut pula diberikannya kepada Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Humas atas bantuan dan dukungannya untuk Program Studi Pendidikan Fisika dan Pendidikan Biologi dalam hal ini tambahan dana dan anggaran untuk pengusulan Akreditasi Internasional.

“Biaya untuk akreditasi ini ternyata tidak sedikit, dan pihak universitas dalam hal ini Bapak Wakil Rektor 4 tidak pernah ada istilah kok banyak, yang ada silahkan diusulkan kalau masih ada kekurangan silahkan disampaikan, artinya kekompakan antara Universitas dan Fakultas sangat diperlukan,” lanjut Dekan

Bertindak sebagai narasumber sekaligus membuka  Rapat, Dr. Bohari mengemukakan bahwa, kurun waktu ke depan kerjasama merupakan ujung tombak dalam kaitan dengan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

Ia mencontohkan, dalam program magang setidaknya harus memiliki kerjasama dengan industri maupun instansi sehingga memudahkan mahasiswa UNMUL untuk melaksanakan program MBKM.

“Rencana Strategis (RENSRA) Universitas Mulawarman mengacu pada 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) dan MBKM, dimana kita tahu bahwa semua penganggaran termasuk kinerja diukur berdasarkan IKU, sehingga apapun yang di programkan baik di Universitas maupun Unit dalam hal ini Fakultas harus berkaitan dengan IKU,” ucap Dosen Program Studi Kimia di FMIPA ini.

“Saya berharap dalam Rapat Evaluasi Capaian Kinerja ini kalau bisa 8 IKU harus menjadi fokus FKIP dalam penetapan Rencana Kinerja Tahunan (RKT) ditahun 2022,” harapnya saat memberikan sambutan sebelum membuka acara secara resmi. (hms/rmy)

Foto : Reza Maulana Yusuf