Saiful Bahri, Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris, Hadijah, Prodi Matematika, Luluh Setyawati, Prodi PGSD, Trie Anggun dan Rizky Amalia dari Prodi PAUD, Euis Paramitha dan Regira dari Prodi Biologi serta Tyas Bella bersama Fuad Sulistio dari Prodi Fisika, merupakan sembilan mahasiswa terpilih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mulawarman (Unmul) untuk mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL).

Kepastian tersebut, dibacakan oleh Koordinator PPL Internasional FKIP Unmul, Dr. Sunardi, S.S., M.Hum di acara Pelepasan Mahasiswa Peserta PPL Internasional Tahun 2018. Terlaksana di Ruang Rapat Satu Lantai Tiga Rektorat Unmul, (15/01), dipaparkan bahwa PPL ini akan berlangsung selama satu bulan di Thailand dan Filipina yaitu dari tanggal 22 Januari hingga 18 Februari 2018 mendatang.

“Saya selaku kordinator PPL International FKIP mewakili rekan-rekan PPL mengucapkan terima kasih yang tiada terkira atas kesempatan yang diberikan,” imbuhnya. Tujuan program ini disampaikannya, merupakan bagian integral dari proses pendidikan pada jenjang S1.

“PPL bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada kegiatan pembelajaran riil di kelas internasional. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi perencanaan, orientasi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di sekolah, dan kegiatan sosial budaya lainnya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah dan kampus,” tambahnya.

Ia pun berharap kegiatan PPL internasional ini tidak hanya bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran mahasiswa, tapi juga bermanfaat bagi rekognisi FKIP dalam rangka mendukung Unmul menjadi World Class University.

Dekan FKIP, Prof. Dr. Muhammad Amir Masruhim., M.Kes menyatakan, kegiatan seperti ini jelas sangat bermanfaat bagi fakultas. Kesempatan melakukan PPL Internasional diakuinya sangat berharga, karena selain meningkatkan skill berbahasa, mahasiswa yang mengikuti program ini akan menambah pengetahuan baru. “Kalian bisa menambah relasi selama mengikuti kegiatan PPL ini,” jelasnya.

Ke depan, harap Dekan, Fakultas yang dipimpinnya bisa meningkatkan program Internasionalisasi yang tidak hanya PPL Internasional namun bisa meningkat menjadi program KKN Internasional. “Artinya jika PPL ini suatu saat bisa disejajarkan dengan Program KKN. Maka mungkin nanti kita bisa melaksanakan sekaligus,” harapnya.

Sejalan dengan visi Unmul menuju World Class University, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin., MP yang hadir di acara serimonial itu menegaskan, visi tersebut bisa tercapai salah satu upayanya adalah aktivitas PPL Internasional.

“Mewakili Rektor kami mengucapkan selamat untuk FKIP program ini dapat terlaksana. Jika melihat perkembangan, kita berharap bahwa tahun demi tahun terdapat lompatan-lompatan, meskipun kecil tetapi merupakan lompatan dalam rangka mewujudkan road map Unmul,” ujarnya.

Di bidang kemahasiswaan yang menjadi tanggung jawabnya, di ruangan tersebut ia menjelaskan saat ini sedang dibangun sistem agar mahasiswa ke depan bisa secara periodik mencatat prestasi apa saja yang dicapai selama menempuh studi di Unmul.

“Di sistem informasi manajemen prestasi mahasiswa itu, mahasiswa bisa mencatat prestasi apa saja yang sudah dicapai baik yang bersifat akademik maupun non akademik,” tutupnya.

 

Sumber: http://unmul.ac.id/

 

Dianggap lebih lebih senior karena berdiri lebih lama, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mulawarman (Unmul) menjadi tujuan kegiatan studi banding oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), Kalimantan Selatan. Studi banding yang dilakukan pada hari Senin, 23 Maret 2016 ini terutama bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama antara dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika dari kedua universitas.

Rombongan dari Unlam yang berjumlah 107 orang yang terdiri dari 5 dosen dan 102 mahasiswa tiba pada pukul 09.00 WITA, dan langsung memasuki ruangan pertemuan di Gedung Dekanat lantai 3. Ketua rombongan studi banding, Bapak Drs. H. Muh. Arifuddin Jamal, M.Pd, dalam sambutannya menyatakan bahwa beliau sangat tersanjung atas sambutan meriah yang diberikan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unmul. Beliau juga menyatakan bahwa studi banding ini merupakan ajang reuni antar dosen, karena secara kebetulan beberapa dosen pendidikan fisika Unlam dan Unmul telah saling mengenal sebelumnya dan sudah lama tidak bertemu kembali. Sambutan dari pihak FKIP Unmul diwakili oleh Bapak Dr. H. Masrur Yahya, M.Hum (Wakil Dekan lll Bidang Kemahasiswaan), menyatakan sangat mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa seperti studi banding yang dilakukan tersebut.

 

Sambutan Bapak Dr. H. Masrur Yahya, M.Hum (Wakil Dekan lll Bidang Kemahasiswaan)

 

Sambutan Ketua rombongan studi banding Bapak Drs. H. Muh. Arifuddin Jamal, M.Pd

 

Setelah acara penyambutan selesai dilakukan, kegiatan dilanjutkan penyampaian selayang pandang Program Studi Pendidikan Fisika Unlam oleh perwakilan Jurusan Pendidikan MIPA Unlam, Bapak Drs. Zainuddin, M.Pd. Kemudian, penyampaian wawasan-wawasan baru dalam pendidikan fisika S1 termasuk tantangan dan peluang untuk mengatasi tantangan tersebut, serta menyampaikan tawaran-tawaran kerjasama oleh Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Unmul, Ibu Dr. Laili Komariyah, M.Si, dan penyampaian tantangan dan pentingnya peran laboratorium dalam pendidikan fisika oleh Kepala Laboratorium Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unmul, Bapak Drs. Zulkarnaen, M.Si.

 

Ibu Dr. Laili Komariyah, M.Si, Bapak Drs. Zainuddin, M.Pd, dan Drs. Zulkarnaen, M.Si

 

Selanjutnya kegiatan dibagi menjadi 2, yaitu kegiatan mahasiswa dan kegiatan dosen. Hal ini dilakukan karena waktu studi banding yang sangat singkat, karena pukul 13.00 WITA rombongan studi banding Unlam akan melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya. Para mahasiswa diarahkan ke Laboratorium Pendidikan Fisika Unmul untuk mempelajari kegiatan-kegiatan yang ada di dalam laboratorium dan kemudian kembali lagi ke ruang pertemuan gedung dekanat lantai 3 untuk membahas kegiatan himpunan mahasiswa pendidikan fisika pada masing-masing universitas. Sedangkan dosen melakukan pertemuan di ruang dosen FKIP Unmul untuk membicarakan kerjasama yang akan dilakukan kedua pihak. Adapun kerja sama yang disepakati diantaranya adalah kerja sama dalam hal riset dan publikasi.

 

Kunjungan Mahasiswa Unlam di Laboratorium Pendidikan Fisika Unmul

 

Pertemuan dosen di Ruang Dosen FKIP Unmul

Free Joomla! template by Age Themes