Dianggap lebih lebih senior karena berdiri lebih lama, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mulawarman (Unmul) menjadi tujuan kegiatan studi banding oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), Kalimantan Selatan. Studi banding yang dilakukan pada hari Senin, 23 Maret 2016 ini terutama bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama antara dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika dari kedua universitas.

Rombongan dari Unlam yang berjumlah 107 orang yang terdiri dari 5 dosen dan 102 mahasiswa tiba pada pukul 09.00 WITA, dan langsung memasuki ruangan pertemuan di Gedung Dekanat lantai 3. Ketua rombongan studi banding, Bapak Drs. H. Muh. Arifuddin Jamal, M.Pd, dalam sambutannya menyatakan bahwa beliau sangat tersanjung atas sambutan meriah yang diberikan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unmul. Beliau juga menyatakan bahwa studi banding ini merupakan ajang reuni antar dosen, karena secara kebetulan beberapa dosen pendidikan fisika Unlam dan Unmul telah saling mengenal sebelumnya dan sudah lama tidak bertemu kembali. Sambutan dari pihak FKIP Unmul diwakili oleh Bapak Dr. H. Masrur Yahya, M.Hum (Wakil Dekan lll Bidang Kemahasiswaan), menyatakan sangat mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa seperti studi banding yang dilakukan tersebut.

 

Sambutan Bapak Dr. H. Masrur Yahya, M.Hum (Wakil Dekan lll Bidang Kemahasiswaan)

 

Sambutan Ketua rombongan studi banding Bapak Drs. H. Muh. Arifuddin Jamal, M.Pd

 

Setelah acara penyambutan selesai dilakukan, kegiatan dilanjutkan penyampaian selayang pandang Program Studi Pendidikan Fisika Unlam oleh perwakilan Jurusan Pendidikan MIPA Unlam, Bapak Drs. Zainuddin, M.Pd. Kemudian, penyampaian wawasan-wawasan baru dalam pendidikan fisika S1 termasuk tantangan dan peluang untuk mengatasi tantangan tersebut, serta menyampaikan tawaran-tawaran kerjasama oleh Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Unmul, Ibu Dr. Laili Komariyah, M.Si, dan penyampaian tantangan dan pentingnya peran laboratorium dalam pendidikan fisika oleh Kepala Laboratorium Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unmul, Bapak Drs. Zulkarnaen, M.Si.

 

Ibu Dr. Laili Komariyah, M.Si, Bapak Drs. Zainuddin, M.Pd, dan Drs. Zulkarnaen, M.Si

 

Selanjutnya kegiatan dibagi menjadi 2, yaitu kegiatan mahasiswa dan kegiatan dosen. Hal ini dilakukan karena waktu studi banding yang sangat singkat, karena pukul 13.00 WITA rombongan studi banding Unlam akan melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya. Para mahasiswa diarahkan ke Laboratorium Pendidikan Fisika Unmul untuk mempelajari kegiatan-kegiatan yang ada di dalam laboratorium dan kemudian kembali lagi ke ruang pertemuan gedung dekanat lantai 3 untuk membahas kegiatan himpunan mahasiswa pendidikan fisika pada masing-masing universitas. Sedangkan dosen melakukan pertemuan di ruang dosen FKIP Unmul untuk membicarakan kerjasama yang akan dilakukan kedua pihak. Adapun kerja sama yang disepakati diantaranya adalah kerja sama dalam hal riset dan publikasi.

 

Kunjungan Mahasiswa Unlam di Laboratorium Pendidikan Fisika Unmul

 

Pertemuan dosen di Ruang Dosen FKIP Unmul

Free Joomla! template by Age Themes