Sejarah Program Studi Pendidikan Fisika

Program Studi Pendidikan Fisika mulai berdiri berdasarkan SK Dirjend Dikti Nomor: 102/DIKTI/Kep/1984 tanggal 21 Agustus 1984 dengan jenjang pendidikan Diploma, yaitu Diploma 2 (D2) dan Diploma 3 (D3). Kemudian baru membuka jenjang sarjana pada tahun akademik 1996/1997 berdasarkan SK Dirjend Dikti nomor : 229/DIKTI/Kep/1996 Tanggal 11 Juli 1996.

Sasaran :

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya dituliskan dalam Rencana Strategis Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mulawarman yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
  2. Meningkatkan kualitas dosen.
  3. Meningkatkan relevansi kurikulum dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan tutntutan stakeholders.
  4. Meningkatkan soft-skill  lulusan.
  5. Meningkatkan pelayanan akademik dan administrasi mahasiswa.
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dosen.
  7. Meningkatkan kerja sama dengan dunia kerja, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Tujuan :

  1. Melahirkan sarjana pendidikan fisika yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang mampu menerapkan, menyebarkan dan mengembangkan ilmu di bidang pendidikan fisika
  2. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran pendidikan fisika untuk menyiapkan lulusan yang mampu mengajar sains dengan baik
  3. Meningkatkan peran serta tenaga pengajar dan alumni dalam turut serta meningkatkan kecerdasan bangsa
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama antar program studi pendidikan fisika, dan sekolah-sekolah mitra
  5. Terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif dan ilmiah
  6. Mengembangkan strategi pembelajaran aktif untuk mengoptimalkan kompetensi lulusan
  7. Bersinergi dengan para stakeholder Universtas Mulawarman untuk mencapai visi misi prodi pendidikan fisika secara optimal
  8. Menghasilkan penelitian di bidang pendidikan fisika yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
  9. Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan yang mampu mendorong dan memberi kontribusi kepada masyarakat di bidang pendidikan fisika.

Free Joomla! template by Age Themes