Home
Sejarah Pendirian
share :

Sejarah Pendirian

Sejarah terbentuknya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman (selanjutnya disebut FKIP Unmul) diawali dengan dibentuknya presidium yang bernama Presidium IKIP Samarinda pada tahun 1972, yang kemudian secara resmi menyatakan diri bergabung dengan Universitas Mulawarman dengan melebur menjadi salah satu fakultas. Penggabungan Presidium IKIP Samarinda menjadi fakultas ke-5 di Universitas Mulawarman pada saat itu dikukuhkan melalui persetujuan Gubernur KDH Tingkat I Kalimantan Timur oleh Bapak A. Wahab Syahranie dan melalui Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor: 181/D/E/1978. Dalam perspektif waktu, FKIP unmul telah melewati sebuah sejarah perjalanan panjang sebagai fakultas yang mengemban amanah pada penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi bidang pendidikan di daerah. Kini, Universitas Mulawarman telah memiliki 13 (tiga belas) fakultas dengan berbagai program studi, dan FKIP unmul sampai saat ini masih menjadi salah satu fakultas favorit yang memiliki jumlah mahasiswa besar serta menjadi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Ini berarti bahwa FKIP unmul menjadi salah satu sub-sistem dari keseluruhan sistem penyelenggaraan pendidikan di daerah maupun nasional. 

Program Studi S1 Pendidikan Fisika merupakan pengembangan program D3 Pendidikan Fisika. Pembentukan S1 Pendidikan Fisika berdasarkan SK DIKTI RI No. 288/DIKTI/kep/1993. Secara kelembagaan prodi ini dibawah naungan Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman.

Dalam perjalanannya hingga saat ini Program Studi Pendidikan Fisika telah melakukan berbagai kegiatan baik pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mulai tahun 2013 Program Studi Pendidikan Fisika telah menerapkan Kurikulum Berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang didasarkan pada UU No. 12 tahun 2012 tentang PT, Kepres No. 12 tahun 2012 tentang KKNI, Peraturan Menteri Pendidikan No. 49 dan No. 74 tahun 2013. Tahun 2018 Program Studi Pendidikan Fisika dinyatakan sebagai program studi terakreditasi A berdasarkan SK BAN-PT No. 395/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2018 dan berlaku sampai 6 Februari 2023.

Tinggalkan Komentar