Buku

No Sampul Tahun Deskripsi
1 2023

Judul : Pro-Environmental Behavior Dalam Konteks Lingkungan Indonesia: Suplemen Bagi Guru dan Calon Guru IPA SMP Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Buku yang berjudul Perilaku Pro Lingkungan dalam Konteks Lingkungan Indonesia: Suplemen bagi Guru dan Calon Guru IPA SMP dalam Mengimplementasikan Kurikulum Mandiri karya dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Lambang Subagiyo, Atin Nuryadin, dan Nurul Fitriyah Sulaeman. Buku ini berisi berbagai kegunaan terkait pembentukan perilaku pro-lingkungan dalam konteks lingkungan hidup Indonesia dan kurikulum mandiri. Sebagai bagian dari masyarakat yang hidup di lingkungan tropis, pemahaman dan sikap positif terhadap lingkungan tropis merupakan suatu keharusan. Namun demikian, permasalahan lingkungan yang kita hadapi sangat kompleks dan berkaitan erat dengan pola kehidupan masyarakat. Kesadaran untuk mendorong terbentuknya perilaku pro-lingkungan pada setiap individu perlu dimulai sejak dini melalui pendidikan yang tepat. Buku ini merupakan bagian dari sumber belajar bagi guru dan calon guru IPA SMP yang berkaitan dengan pendidikan lingkungan hidup sehingga kesesuaian dengan Capaian Pembelajaran (CP) IPA Terpadu berdasarkan Kurikulum Merdeka juga disajikan.

 

2 2022

Judul : Pendahuluan Fisika Kuantum

Buku yang berjudul Pendahuluan Fisika Kuantum oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Riskan Qadar. Buku ini disusun sebagai pendahuluan sebelum mengikuti mata kuliah Fisika Kuantum dan Mekanika Kuantum. Di buku ini dikenalkan materi fenomena-fenomena fisika yang tidak dapat dijelaskan oleh fisika klasik yang terjadi di akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20. Selanjutnya dijelaskan pula penggunaan persamaan Schrodinger dan pendahuluan matematika yang digunakan dalam fisika kuantum. Urutan materi dalam buku ini adalah sebagai berikut: Radiasi Benda Hitam, Efek Fotolistrik, Efek Compton, Persamaan Gelombang Schrodinger, Partikel dalam Kotak, Sumur Potensial Tak Terbatas dan Terbatas, Refleksi dan Transmisi Gelombang, Operator, serta Momentum Angular dan Spin. Pada buku ini juga disertakan soal dan solusi sebanyak 153 untuk memudahkan pembaca memahami isinya.

3 2022

Judul : Perubahan Iklim: Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM

Buku yang berjudul Perubahan Iklim: Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Octaviani Mutmainah, Abdul Hakim, dan Muliati Syam. Penyusunan buku ini bertujuan agar dapat membantu siswa dalam memahami materi perubahan iklim dan berupaya untuk meningkatkan literasi iklim siswa. Buku yang disusun mengandung materi yang dikaitkan dengan peristiwa perubahan iklim yang terjadi di Kalimantan Timur, dan diharapkan dapat mendorong siswa agar dapat berperan aktif untuk menggali serta menganalisis permasalahan terkait perubahan iklim serta mampu membuat solusi masa depan terkait perubahan iklim di Kalimantan Timur yang berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan diantaranya:

    • Peta Konsep
    • Perubahan Iklim
    • Penyebab Perubahan Iklim
    • Dampak Perubahan Iklim
4 2022

Judul : Bahan Ajar Fisika Gerak Lurus Berbasis Kearifan Lokal

Buku yang berjudul Bahan Ajar Fisika Gerak Lurus Berbasis Kearifan Lokal oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Nor Azizah, Laili Komariah, dan Riskan Qadar. Buku ini merupakan bahan ajar yang di buat berdasarkan kurikulum 2013. Buku ini mencakup materi gerak lurus, contoh soal, tugas mandiri, kegiatan diskusi kelompok, lembar kerja peserta didik, rangkuman, dan soal evaluasi. Buku fisika ini dibuat dengan mengaitkan materi gerak lurus dengan kearifan lokal yang ada di Samarinda Kalimantan Timur. Selain itu materi gerak lurus yang ada pada bahan ajar ini di buat dengan bahasa yang mudah untuk di pahami. Sehingga buku ini dapat dijadikan referensi bagi peserta didik untuk menambah wawasan dan lebih memahami materi gerak lurus.

5 2022

Judul: Pembelajaran STEM dalam Inovasi Pembelajaran IPA

Buku yang berjudul Pembelajaran STEM dalam Inovasi Pembelajaran IPA, buku ini ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Nurul Fitriyah Sulaeman dan berkerjasama dengan dosen dari Program Studi lain, Pramudya Dwi Aristya Putra. Buku ini memuat konsep pembelajaran STEM yang dipandang dari berbagai prespektif yang berkembang sehingga memudahkan para penggiat pembelajaran STEM untuk menyusun pembelajaran STEM yang lebih memudahkan siswa dalam belajar selain itu buku ini juga disertai dengan contoh perangkat lembar kerja siswa berbasis stem di tingkat Sekolah Menengah Pertama SMP.

6 2022

Judul: Pemanasan Global Berbasis STEM dengan Model EDP SMA/MA Kelas XI

Buku yang berjudul Pemanasan Global Berbasis STEM dengan Model EDP SMA/MA Kelas XI, buku ini ditulis oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, Septyani Triwulandar dan berkerjasama dengan dosen Program Studi Pendidikan Fisika Nurul Fitriyah Sulaeman dan Muliati Syam. Buku ini membahas tentang pemanasan global berbasis science, technology, engineering, and mathematic (STEM) dengan model Engineering Design Process (EDP)sesuai dengan KI dan KD Kurikulum 2013. Buku ini disajikan dengan berbasis STEM model EDP, dengan harapan peserta didik dapat perperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Buku ini juga memberikan contoh kegiatan yang dapat menimbulkan faktor terjadinya pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan dan dialami peserta didik. Kelebihan dari buku ini yaitu dengan terintegrasi STEM dengan model EDP dapat melibatkan proses pemecahan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari yang mencakup pengetahuan dan keterampila sesuai dengan lagkah-langkah pembelajaran STEM-EDP.

7 2021

Judul: Perspektif STEM dan Implementasi Dalam Pembelajaran Sains

Buku yang berjudul Perspektif, buku ini ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Nurul Fitriyah Sulaeman dan berkerjasama dengan dosen dari Program Studi lain, Pramudya Dwi Aristya Putra. Buku ini memuat konsep pembelajaran STEM yang dipandang dari berbagai prespektif yang berkembang sehingga memudahkan para penggiat pembelajaran stem untuk menyusun pembelajaran stem yang lebih memudahkan siswa dalam belajar selain itu buku ini juga disertai dengan contoh perangkat lembar kerja siswa berbasis stem di tingkat Sekolah Menengah Pertama SMP.

8 2021

Judul: Ilmu Alamiah Dasar

Buku yang berjudul Ilmu Alamiah Dasar, buku ini ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Puardmi Damayanti, dan berkerjasama dengan dosen dari Program Studi lain, Mucharommah Sartika Ami. Buku ini disusun untuk menjadi salah satu referensi bagi pembaca yang ingin mempelajari Ilmu Alamiah Dasar. Buku ini memuat pemaparan tentang konsep-konsep dalam ilmu alamiah dasar yang terbagi dalam sembilan bab. Bab pertama membahas tentang perkembangan penalaran dan fisik manusia, termasuk di dalamnya sejarah pengetahuan manusia. Bab kedua berbicara tentang ruang lingkup dan perkembangan ilmu alam. Pada bab ketiga dipaparkan tentang proses terbentuknya alam semesta dan penghuninya, yaitu galaksi, tata surya, matahari, bumi, dan bulan. Bab keempat membahas tentang keragaman makhluk hidup dan persebarannya di biosfer (bumi). Bab kelima tentang ekosistem, sumber daya alam, dan lingkungan. Bab keenam berbicara tentang perkembangan ilmu pengetahuan alam. Bab ketujuh, kedelapan, dan kesembilan secara urut membahas tentang peranan dan dampak perkembangan teknologi bagi manusia, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

9 2021

Judul: Manajemen Pendidik & Tenaga Kependidikan Abad 21

Buku yang berjudul Manajemen Pendidik & Tenaga Kependidikan Abad 21, buku ini ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika Laili Komariyah dan berkerjasama dengan dosen dari program studi lain, Lorensius Amon, Ali Wardhana, Lukman Priyandono, Soerjo Adi Poernomo, Syafrudin Janur, Herliansyah, Tras Satriawarman, M. Rajib Bustami, Heriman, Firmansyah, Prima Adi Pratama, Wilis Haryo, Sumantri, Rianti, Rusdawati, Yusniar, Sripeni, Theresia Ping, Rohana, Anisa Nur Lail, Hana Yulia, Metta Virya Monica, dan Dini Hadiyanti. Buku ini adalah salah satu hasil perkuliahan yang berorientasi pada luaran pembelajaran sekaligus sebagai buku modul ajar mata kuliah. Oleh karena itu, atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan pihak kampus, secara khusus Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman Samarinda, serta mahasiswa dan beberapa kolega yang turut membantu dan menyiapkan materi, desain, dan editing dalam penyelesaian buku ini, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

10 2021

Judul : Implementasi TPACK pada Materi Energi

Buku yang berjudul Implementasi TPACK pada Materi Energi ini ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Zulkarnaen dan Shelly Efwinda. Di era revolusi industri 4.0 saat ini, dalam menyelenggarakan pembelajaran fisika, guru atau calon guru fisika, tidak hanya dituntut untuk menguasai konten fisika saja tetapi juga mampu mengintegrasikan kemampuan pedagogik, konten, dan teknologi ke dalam pembelajaran. Hal ini bersesuaian dengan kerangka TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). TPACK merupakan suatu kerangka untuk pengetahuan guru yang dikembangkan oleh Mishra dan Koehler pada tahun 2006. yang merupakan pengembangan dari Pedagogical Content Knowledge (PCK) oleh Shulman di tahun 1986.
Handout “Implementasi TPACK pada Materi Energi” berisi ringkasan teori tentang pengertian dan pentingnya TPACK untuk dipahami oleh guru dan calon guru, komponen-komponen TPACK, panduan dalam membuat RPP berbasis TPACK, dan dilengkapi dengan lampiran format analisis konsep dan contoh format RPP berbasis TPACK pada Materi Energi. Pemilihan Materi Energi untuk dijadikan contoh pada Handout ini, karena menjadi salah satu topik yang penting untuk dibahas berkaitan dengan Education for Sustainable Development (ESD) yang dicanangkan oleh UNESCO. 
Penggunaan handout ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam keterampilan mengajar berbasis TPACK, baik pada materi Energi maupun pada materi Fisika lainnya, serta dapat menjadi salah satu sumber belajar pendamping dalam melaksanakan Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II bagi mahasiswa calon guru agar dapat menyusun dan mempersiapkan implementasi pembelajaran dengan baik dan mengikuti perkembangan zaman, khususnya perkembangan teknologi.

11 2021

Judul: Pengembangan Media Animasi Berbasis CELS (Combination Experiment Laboratory by Simulation)

Buku yang berjudul Pengembangan Media Animasi Berbasis CELS (Combination Experiment Laboratory By Simulation). Buku ini disusun untuk menjadi salah satu referensi bagi pembaca yang ingin mempelajari pengembangan media berbasis Combination Experiment Laboratory by Simulation (CELS) dan juga bagi pendidik agar dapat terinspirasi dalam hal mengembangkan sebuah eksperimen berbasis multimedia alternatif lain yang dapat menarik perhatian dan meningkatkan keterampilan proses siswa dalam belajar.

Di dalam CELS ini, dikombinasikan kegiatan eksperimen yang bersifat simulasi dan kegiatan riil eksperimen menjadikan kegiatannya dapat dilakukan untuk lebih memahamkan konsep tentang pembelajaran fisika dengan menggunakan media animasi. Kemampuan penulis dalam membuat dan mengembangkan media animasi tersebut dituangkan ke dalam
bantuan aplikasi sofware yaitu berupa adobe flash CS3. Adobe flash CS3 merupakan software yang mampu menghasilkan presentasi, game, film, CD interaktif, maupun CD pembelajaran, serta untuk membuat situs web yang interaktif, menarik, dan dinamis. Penggunaan adobe flash CS3 dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan bebas sesuai dengan adegan animasi yang dikehendaki, menghasilkan file yang berukuran kecil, mampu menghasilkan file bertipe (ekstensi) FLA yang bersifat fleksibel, karena dapat dikonversi menjadi file bertipe swf, html, jpg, png, exe, mov.

12 2020

Judul : Soal dan Solusi Fisika Seri Optika

Buku yang berjudul Optika ini ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Riskan Qadar, Zeni Haryanto, dan Muliati Syam. Buku ini disusun dari beberapa literatur materi optika yang ada dari rujukan terbaru yang disusun untuk memudahkan mahasiswa mengenal penyelesaian soal-soal optika dari berbagai literatur yang disarankan dalam mata kuliah optika.

13 2020

Judul: Model Penjaminan Mutu di Akademi Kebidanan Samarinda

Buku yang berjudul Model Penjaminan Mutu di Akademik Kebidanan Samarinda, ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Lambang Subagiyo, berkerjasama dengan dosen dari program studi lain Evy Nurachma, Johansyah, Widyatmike Gede Mulawarman, dan Hasbi Sjamsir. Buku ini tentang Pelayanan kebidanan merupakan hak mutlak setiap individu dan selayaknya merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh semua jajaran profesi kebidanan maupun para pemegang kebijakan. Pertumbuhan penduduk di negara berkembang termasuk Indonesia, seringkali tidak disertai dengan peningkatan pelayanan kebidanan yang memadai sehingga merupakan penyebab potensial terjadinya masalah kebidanan, seperti meningkatnya morbiditas dan mortalitas berbagai penyakit serta permasalahan kebidanan lainnya. Dalam kondisi ini, selain akses terhadap fasilitas kebidanan, hal penting yang harus dipersiap adalah kualitas sumber daya tenaga kebidanan dimana peningkatan kualitas tersebut harus didukung dengan peningkatan kualitas akademi kebidanan.
Adanya globalisasi yang didukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju menuntut akademi kebidanan menyiapkan sumber daya yang berkualitas tinggi untuk menghadapi persaingan global. Tenaga bidan saat ini diharapkan memiliki kompetensi yang mampu menjawab tantangan baik nasional, regional maupun global. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Akademi Kebidanan Samarinda.

14 2020

Judul: Potensi Kawasan Pesisir Kabupaten Pase, Panajam Paser Utara dan Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Buku yang berjudul Potensi kawasan pesisir kabupaten Paser, penajam Paser Utara dan kota Balikpapan provinsi Kalimantan Timur, ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Lambang Subagiyo, berkerjasama dengan dosen dari program studi lain Mustaid Yusuf, Sudrajat, dan Yaskinul Anwar. Buku potensi kawasan pesisir ini, memaparkan berbagai potensi kawasan pesisir di Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan, mulai dari potensi didaerah daratan dan laut yang berkelanjutan. Buku ini juga menggambarkan kondisi geografis pesisir dan permasalahannya, termasuk sebaran ekologi mangrove, potensi wisata dan secara singkat mendeskripsikan kesehatan mangrove dan permasalahannya dalam kaitan penyelamatan wilayah pesisir secara berkelanjutan. Kompleksitas permasalahan dalam eksplotasi sumberdaya pesisir, disetiap wilayah merupakan masalah yang harus segera diberikan solusi. Sehingga segala bentuk perencanaan dan pengelolaan yang berkelanjutan perlu dilakukan dengan tepat, guna menjaga keberlanjutan potensi kawasan pesisir.

15 2019

Judul : Optika

Buku yang berjudul Optika ini ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika, Riskan Qadar, Zeni Haryanto, dan Muliati Syam. Buku ini menjelaskan tentang sifat-sifat optika yang dilanjutkan pada aplikasinya pada alat-alat optika, peristiwa interferensi, dan difraksi. Persamaan yang digunakan dalam buku ini tergolong sederhana dengan mengedepankan penurunan persamaan secara aljabar. Buku ini ditulis dalam tujuh bab dengan jumlah perkuliahan sebanyak empat belas kali pertemuan. Tujuh kali pertemuan kuliah teori dan tujuh kali pertemuan praktikum. Petunjuk praktikum yang dilampirkan di akhir setiap bab dapat dilakukan sesuai dengan waktu dan peralatan yang tersedia di laboratorium.

16 2019

Judul : Literasi Hutan Tropis Lembab & Lingkungannya

Buku yang berjudul Literasi Hutan Tropis Lembab & Lingkungannya ini ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika Lambang Subagiyo dan Zeni Haryanto, berkerjasama dengan dosen dari program studi lain, Herliani dan Sudarman. Buku ini mengandung pelbagai kegunaan yang berkaitan dengan penajaman pemahaman terhadap lingkungan alam khususnya keberadaan hutan hujan tropis yang berada di wilayah Kalimantan Timur serta lingkungan yang melingkupinya. Sebagian besar konsep tentang hutan tropis lembab dan karakteristiknya serta biodiversity hingga eksplorasi pesisir dibahas lengkap dalam isi buku ini. Hal paling mendasar tentang upaya menjaga dan memahami lingkungan hutan hujan tropis lembab dibahas dalam bab tersendiri yakni literasi hutan hujan tropis dan lingkungan serta kearifan lokal. Buku ini merupakan bagian sumber belajar yang berisikan bahan kajian yang tersusun dari kulminasi hasil penelitian sekaligus dapat dijadikan bahan kajian pendukung pemahaman pola ilmiah pokok Universitas Mulawarman.

17 2019

Judul: Cara Cepat Pahami Fisika Inti

Buku yang berjudul Cara Cepat Pahami Konsep Fisika Inti, buku ini ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika Laili Komariyah, buku ini dapat diselesaikan dengan baik. Buku ini merupakan panduan belajar bagi mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Pendahuluan Fisika Inti. Buku ini diawali dari ilmuwan yang menemukan teori atom, dilanjutkan dengan inti atom, teori peluruhan, biografi singkat ilmuwan atom, sifat fisik unsur dan konversi satuan.

18 2018

Judul : Pengantar Fisika Kuantum

Buku yang berjudul Pengantar Fisika Kuantum ini ditulis oleh dosen Program Studi Pendidikan Fisika Lambang Subagiyo dan Atin Nuryadin. Di dalam buku pengantar fisika kuantum ini dijelaskan beberapa eksperimen yang tidak dapat dijelaskan oleh fisika klasik seperti radiasi benda hitam, efek fotolistrik, dan hamburan Compton. Buku ini iuga menielaskan beberapa usaha untuk menielaskan sifat-sifat benda mikroskopis seperti eksperimen sinar-X, model atom Bohr, dualisme partikel-gelombang, ketidakpastian Heisenberg, perumusan persamaan Schrodinger, dan penerapan persamaan Schrodinger tersebut pada sistem atom paling sederhana yaitu atom hidrogen.