Nasional

No Tahun Judul Penulis

Jurnal

(Volume(Issue))

1 2022 High school students’ motivation towards physics learning during Covid-19 outbreak  Sukmawati, R Qadar, NF Sulaeman 

International Journal of STEM Education for Sustainability

(2(1)) 

2

2022

Indonesian science teachers' ability to design scientific literacy test 

R Qadar, Z Haryanto, L Subagiyo, M Junus, M Syam 

International Journal of STEM Education for Sustainability

(2(1)) 

3

2021

Analysis of student satisfaction in academic services as part of quality insurance in university

NF Sulaeman, A Nuryadin, Z Haryanto, A Alifkalaila, IA Oktaba

Vidya Karya

(36(2))

4

2021

Studi analisis hubungan self-efficacy dengan hasil belajar fisika

N Hayati, M Junus, R Qadar

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(2(1))

5

2021

Perbedaan hasil belajar menggunakan model discovery learning dan problem-based learning pada materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia

DDD Hartinah, Z Haryanto, MVR Ningrum, EI Goma

Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi

(6(1))

6

2021

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi impuls dan momentum di SMA Negeri 11 Samarinda

M Imaculata, M Syam, Z Haryanto

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(2(1))

7

2021

Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada materi momentum dan impuls

R Asriani, A Hakim, S Efwinda

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(2(1))

8

2021

Efektivitas model pembelajaran conceptual understanding procedures terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa SMA pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke

F Sulistio, A Hakim, S Efwinda

Jurnal Kajian Pendidikan IPA

(1(1))

9

2021

Asesmen formatif dalam pembelajaran inkuiri model 5 E (engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis berbasis web pada siswa SMA

SP Dita, R Qadar, L Komariyah

Jurnal Kajian Pendidikan IPA

(1(2))

10

2021

Evaluasi peran masyarakat dalam pengelolaan sampah di desa wisata apung kampung Malahing kota Bontang

RRETZ Zukhriadi, L Komariyah, AT Sandy

Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi

(2(1))

11

2021

Pengaruh respon model discovery learning berbasis media aplikasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

V Mebang, L Komariyah, Z Haryanto

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(2(1))

12

2021

Pengaruh model pembelajaran e-learning berbantuan Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 6 Samarinda

N Nisa, L Komariyah, M Syam

Jurnal Kajian Pendidikan IPA

(1(1))

13

2021

Exploring student engagement in STEM education through the engineering design process

NF Sulaeman, PDA Putra, I Mineta, H Hakamada, M Takahashi, Y Ide, Y Kumano

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA

(7(1))

14

2021

Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA dengan Model Discovery Learning pada Materi Fluida Statis

L Purnamasari, A Hakim, NF Sulaeman

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(2(1))

15

2021

Learning science through online system: WhatsApp vs Google Meet platform

M Meliana, M Junus, NF Sulaeman

ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA

(4(1))

16

2021

Penerapan model problem-based learning dengan media moodle dan pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa

L Damayanti, L Subagiyo, M Syam

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(2 (1))

17

2021

Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis audio-visual dengan aplikasi powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi impuls dan momentum di SMK Negeri 6 Samarinda

RH Thesarah, L Subagiyo, R Qadar

Jurnal Kajian Pendidikan IPA

(1 (1))

18

2020

Analisis perbandingan buku teks fisika siswa SMA kelas XI antara buku sekolah elektronik (BSE) dan buku non-BSE ditinjau pada komponen kelayakan isi, penyajian materi ajar, penyajian pembelajaran, dan kebahasaan

R Rofidah, M Junus, A Hakim

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(1(2))

19

2020

The C3PDR learning model to increase conceptual understanding and creative thinking skills of senior high school students

E Julfitri, S Efwinda, Zulkarnaen

 

Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika

(8(3))

20

2020

Survey on the effectiveness of online lectures during COVID-19 pandemic: methods and difficulties

A Hardinata, H Simatupang, F Hanifa, A Latip, S Efwinda, R Yogica

ISER (Indonesian science education research)

(2(2))

21

2020

Pengaruh minat terhadap hasil belajar geografi dengan model inkuiri terbimbing di SMAN 3 Samarinda

Y Yeftha, Z Haryanto, YW Saputra

Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi

(1(1))

22

2020

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 11 Samarinda

M Safitri, Z Haryanto, S Efwinda

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(1(1))

23

2020

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda

L Agustin, Z Haryanto, S Efwinda

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(1(1))

24

2020

Quantitatif analysis of the 2013 curriculum of physics textbook using science instruments textbook rating system laboratory

F Suci AJ, Z Haryanto, M Syam

ISER (Indonesian Science Education Research)

(2(2))

25

2020

Engaging STEM education for high school student in Japan: exploration of perception to engineer profession

NF Sulaeman, PDA Putra, I Mineta, H Hakamada, M Takahashi, Y Ide, Y Kumano

Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA

(6(2))

26

2020

Problem based learning e-handout: Improving students’ mathematical representation and self-efficacy

DU Rahmawati, I Wilujeng, J Jumadi, H Kuswanto, NF Sulaeman, DP Astuti

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni

(9(1))

27

2020

Students’ worksheets on work and energy using kokami media: An effort to increase the student’s cognitive achievement

Mastuang,

A Sa’adah, S Hartini, M Wati, S Mahtari, Misbah,

NF Sulaeman

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni

(9(1))

28

2020

The development and validation of a local wisdom-integrated physics module to grow the students ‘character of Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat

Misbah, M Hirani, S Annur, NF Sulaeman, MA Ibrahim

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

(5(1))

29

2020

Penerapan model pembelajaran project-based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Samarinda

HR Datu, R Qadar, M Junus

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(1(2))

30

2020

Hubungan antara kinerja dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran berbasis inkuiri laboraturium terbatas di SMA Negeri 13 Samarinda

N Wati, R Qadar, B Matius

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(1(01))

31

2020

Pengaruh model pembelajaran OIDDE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 2 Berau pada materi suhu dan kalor

A Lasmana, R Qadar, M Syam

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(1(1))

32

2020

Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) di SMAN 1 Muara Pahu Kelas XI pada Materi Fluida Statis

TS Putri, M Syam, L Komariyah

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(1(2))

33

2020

Pengetahuan dan perilaku masyarakat terhadap pentingnya ruang terbuka hijau di Sempadan DAS Karang Mumus

R Afriani, L Komariyah, YW Saputra

JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

(8(1)

34

2020

Development of junior high school education profession in the education service of Kutai Barat regency

YC Saputro, L Subagiyo, L Komariyah

PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar

(5(1))

35

2020

Pengaruh tambang batu bara terhadap kegiatan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 2 Loa Janan kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Y Anwar, M Padli, L Komariyah

Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia)

(5(1))

36

2020

Penerapan model pembelajaran project-based learning menggunakan tour builder pada peserta didik kelas X SMAN 1 Kaliorang (materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan)

L Komariyah, YW Saputra

Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi

(1(2))

37

2020

Pembelajaran fisika berbasis android dengan program Adobe Flash CS 6 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA IT Granada Samarinda

E Yuliana, L Subagiyo

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(1(2))

38

2020

Effectiveness of problem-based learning and discovery learning to cognitive learning results on cell subject of senior high school students

S Sushariyanti, DT Boleng, L Subagiyo

Jurnal Pendidikan Sains

(8(1))

39

2020

Internal quality assurance model at Samarinda Midwifery Academy

E Nurachma, L Subagiyo

Journal La Edusci

(1(2))

40

2020

Pengaruh kreativitas menggunakan mind mapping berbantu software Mindomo 3.16 terhadap hasil belajar fisika di SMA pada materi momentum dan impuls

AA Nuha, L Subagiyo

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika

(1(1))

41

2019

Pembelajaran fluida berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa

RQ Erniaty Simanjuntak, A Hakim

Vidya Karya

(34(1))

42

2019

Bentuk tes TOEFL untuk mahasiswa Universitas Kaltara: Studi kualitatif

A Utomo, P Damayanti

Jurnal Penelitian Humaniora

(20(2))