Samarinda, 14 – 18 Mei 2025 – Pekan Fisika XXVI telah sukses dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HIMAPFIS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman (FKIP UNMUL). Pekan Fisika merupakan kegiatan rutin dari himpunan mahasiswa Pendidikan Fisika dimana dilaksanakan setahun sekali. Tujuan dilaksanakan Pekan Fisika yaitu dapat meningkatkan kualitas peserta dalam bidang Fisika, kreativitas, berpikir kritis, kolaborasi dan prestasi peserta.
Pekan Fisika XXVI pada tahun ini mengusung tema “Fisika untuk Bumi: Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan melalui Sains dengan Kreativitas Generasi Muda di Pekan Fisika XXVI” yang terdiri dari lima lomba diantaranya, olimpiade fisika, cerdas cermat fisika, water rocket competition, karya tulis ilmiah dan poster.

Acara puncaknya telah digelar pada 14-18 Mei 2025 yang diikuti oleh pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan Mahasiswa. Ini merupakan kegiatan terbesar dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HIMAPFIS) dengan pencapaian lebih dari 1000 peserta yang turut berpartisipasi dan berkompetisi. Pekan Fisika dimulai dari babak penyisihan yang diselenggarakan di masing-masing sembilan kota/kabupaten di Kalimantan Timur secara serentak. Selanjutnya, untuk pelaksanaan babak semi-final dan final dilakukan di GOR 27 September Universitas Mulawarman.

Segenap panitia Pekan Fisika XXVI, berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus mengembangkan minat dan bakat di bidang sains, khususnya fisika. Semoga semangat kolaborasi, inovasi, dan keberlanjutan yang diusung dalam tema tahun ini mampu menginspirasi langkah nyata dalam menghadapi tantangan masa depan. Kami juga berharap Pekan Fisika dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan kualitasnya di tahun-tahun berikutnya, serta memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat dan dunia pendidikan. Antusiasme peserta dan dukungan dari berbagai pihak turut menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan Pekan Fisika XXVI tahun ini.