Samarinda – Sabtu, 25 Oktober 2025, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman kembali menunjukkan kualitas dan kontribusi ilmiahnya di kancah nasional. Pada gelaran Seminar Nasional Pendidikan IPA III Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Sriwijaya, dosen dan mahasiswa Pendidikan Fisika UNMUL hadir tidak hanya sebagai peserta, tetapi juga sebagai penyaji riset unggulan.

Mewakili Riset Grup Pembelajaran Fisika Lingkungan, Dr. Nurul Fitriyah Sulaeman, Ph.D diundang sebagai invited speaker, sementara Erna Sari, mahasiswa Pendidikan Fisika, tampil sebagai pemakalah. Keterlibatan ini mencerminkan sinergi akademik yang kuat antara dosen dan mahasiswa serta komitmen prodi untuk terus memperkuat jejaring ilmiah dengan program studi serumpun di Indonesia.


Dr. Nurul Fitriyah Sulaeman mempresentasikan hasil penelitiannya

Dalam paparannya, Dr. Nurul menyampaikan hasil riset bersama Prof. Lambang Subagiyo dan Dr. Atin Nuryadin, Ph.D berjudul “Environmental Storylines: Koherensi dalam Pembelajaran Lingkungan pada Tingkat SMP”. Presentasi ini menyoroti pendekatan naratif yang koheren dalam pembelajaran lingkungan sebagai upaya membangun kesadaran ekologi pada peserta didik. Sementara itu, Erna Sari mewakili tim risetnya yang terdiri dari Ayu Ramadani Wandira, Muliati Syam, S.Pd., M.Pd., Dr. Atin Nuryadin, Ph.D, dan Dr. Nurul Fitriyah Sulaeman, Ph.D melalui pemaparan berjudul “Pengembangan Lembar Kerja Murid Berbasis STEM SMP pada Tantangan Sungai Mahakam”. Riset ini menekankan pentingnya media pembelajaran berbasis STEM yang relevan dengan isu lokal, khususnya pengelolaan dan konservasi Sungai Mahakam. Dalam paparannya, Erna Sari menjelaskan bahwa Lembar Kerja Murid berbasis STEM yang dikembangkan timnya menggunakan alur STEM EDP: Define, Learn, Plan, Try, Test, dan Decide. Melalui tahapan ini, siswa diajak mengidentifikasi masalah lingkungan Sungai Mahakam, mempelajari konsep terkait, merancang solusi, membuat prototipe sederhana, menguji efektivitasnya, dan mengambil keputusan perbaikan. Pendekatan ini dinilai efektif untuk menguatkan pemahaman konsep sekaligus menumbuhkan kepedulian lingkungan pada siswa.

Penelitian mahasiswa yang dipresentasikan di Seminar Nasional Pendidikan IPA III Tahun 2025

Kehadiran para akademisi dan mahasiswa dari Pendidikan Fisika UNMUL dalam forum nasional ini semakin menegaskan peran prodi dalam memajukan pendidikan fisika serta mendorong lahirnya inovasi yang peduli lingkungan. Partisipasi aktif ini juga menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi riset antara dosen dan mahasiswa mampu menghasilkan karya yang berdampak dan berdaya saing.



 

berita Erna