Program Studi Pendidikan Fisika menerapkan pendekatan pembelajaran kolaboratif dan partisipatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pembelajaran partisipatif melibatkan peserta didik secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, sehingga siswa merasa lebih terlibat dan bertanggung jawab terhadap proses belajar mereka.

Percobaan penentuan panjang kolom resonansi


Pembelajaran kolaboratif adalah proses di mana peserta didik dengan berbagai tingkat kemampuan bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan bersama. Contoh nyata penerapan metode ini dapat dilihat pada mata kuliah Praktikum Mekanika, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Mahasiswa secara berkelompok aktif berkolaborasi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil praktikum, termasuk dalam penentuan momen inersia benda dan penentuan panjang kolom resonansi. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga mengembangkan keterampilan kerjasama dan komunikasi antar mahasiswa.

Percobaan penentuan momen inersia

berita Atin